7456
Hubungi Kami

BARCELONA: EGO MESSI DAN TERPINGGIRNYA GRIEZMANN KARENA VALVERDE

Suporter Barcelona semakin yakin Lionel Messi tidak percaya kepada Antoine Griezmann. Hal itu mencuat setelah Messi tidak memberikan umpan bola kepada Griezmann dalam pertandingan Barcelona FC yang memprihatinkan dinihari tadi, Rabu 6 November 2019, di Stadion Camp Nou, Barcelona, Spanyol.

Di Camp Nou yang sudah seperti kuil suci buat supoter Barcelona itu, Lionel Messi, Antoine Griezmann, dan kawan-kawan hanya bisa bermain tanpa gol melawan tamunya dari Republik Cek, Slavia Praha, pada partai keempat babak utama penyisihan Grup F Liga Champions Eropa musim kompetisi 2019-2020.

Kalau saja sebuah tendangan melengkung yang dilakukan Lionel Messi tidak membentur tiang gawang atas Slavia Praha sehingga bola masuk ke dalam gawang tim tamu, mungkin kemenangan 1-0 sudah cukup untuk meredam kondisi tim Barcelona yang disebut-sebut terburuk dalam 25 tahun terakhir.

Ketika hasilnya 0-0 setelah Barca “hanya” menang 2-1 pada partai ketiga di Praha, 24 Oktober lalu, aksi individu Lionel Messi yang seperti biasa menonjol itu menjadi masalah.

Pemain Barcelona Antoine Griezmann dan Lionel Messi. REUTERS/Albert Gea

Hal tersebut mencuat karena ada momen-momen tertentu ketika Antoine Griezmann - salah satu pahlawan tim Prancis ketika menjuarai Piala Dunia 2018- berdiri bebas tak terkawal dan dalam posisi bagus untuk menerobos ke dalam kotak penalti Slavia ataupun langsung menembak, tak mendapat sodoran bola dari Lionel Messi.

Entah mana yang benar, kritik Arsene Wenger bahwa Barcelona terlalu memperbudak Lionel Messi dengan talentanya itu untuk mengeksplor aksi individunya atau sang maestro dari Argentina ini memang tak percaya dengan Griezmann –yang dinihari tadi mau tak mau harus main karena Luis Suarez cedera-, sehingga seperti bermain sendiri di depan.

Untuk menambah panas isu ketidakcocokan, disodorkan data bahwa sepanjang 90 menit pertandingan –berserta injury time beberapa menit-, Lionel Messi dan Antoine Griezmann hanya bertegur sapa dalam bentuk umpan bola sebanyak lima kali!

Lionel Messi menyodorkan bola dari penguasaannya kepada Antoine Griezmann sebanya empat kali. Adapun Griezmann yang belum lama pindah Atletico Marid itu memberi umpan sekali kepada Messi.

Lionel Messi disebut-sebut lebih merasa asyik bermain dengan Luis Suarez. Suarez cedera setelah mereka menang di Praha tapi penampilan mereka diserang banyak kritik karena dinilai loyo dan kewalahan ditekan lawan.

Trio serang dinihari tadi, yaitu Messi, Griezmann, dan Ousmane Dembele gagal menjebol gawang Slavia.

Pelatih Ernesto Valverde masih bisa membela diri setelah performa Barca dikritik ketika main di Praha itu karena kemudian mereka menang 5-1 di Camp Nou melawan Real Valladolid dalam La Liga Spanyol.

Tapi, selanjutnya, Barcelona dibantai tuan rumah Levante 3-1 dalam lanjutan La Liga Sabtu lalu, 2 November 2019.

Antoine Griezmann main penuh 90 menit di Levante. Tapi, ia terus-terusan diplot atau dipatok oleh Valverde di posisi sayap kiri. Padahal, ketika main di Piala Dunia 2018, Didies Deschamps menempatkan Griezmann sebagai gelandang tengah di belakang penyerang, yang bisa ke mana-mana sebagai geladang serang maupun bertahan.

Ketika baru pindah dari Atletico, Antoine Griezmann pernah bilang bahwa ia harus butuh waktu untuk berdaptasi dengan posisi baru yang diberikan Valverde tersebut.

Dua hari sebelum kalah di Levante itu, Gerard Pique dan Lionel Messi berbicara kepada stasiun radio di Spanyol, Cadena SER, soal harapan mereka tentang kembalinya Neymar. Dalam wawancara itu, keduanya sama sekali tak menyinggung soal Antoine Griezmann yang baru bergabung.

Griezmann sebenarnya tampil “mengharukan” di kandang Levante, Sabtu lalu. Ia ada di mana-mana. Ketika Barca sedang diserang, pemain Prancis ini berjibaku melapis bek Nelson Semedo.

Ketika naik menyetang dalam formasi 4-4-2 dengan Messi dan Luis Suarez sebagai ujung tombak kembar, Griezmman secepatnya ke sayap. Saat Barca memenangi penguasaan bola, seusai perintah dari Valverde, Griezman harus minggir ke sayap.

Isu ketidakcocokan para pemain teras Barcelona dengan Antoine Griezmann dan kebijakan Valverde menurunkan Griezmann di sayap yang dianggap kontroversial itu adalah dua hal menonjol dari sekian isu krisis penampilan Barcelona dewasa ini.

Manajer Barcelona Ernesto Valverde berbicara kepada pers menjelang final Copa del Rey. RUPTLY

Isu Ernesto Valverde akan dipecat dari Barcelona semain santer. Selain gaya permainannya yang dinilai tak seindah ala Barca yang dulu, Valverde mungkin dianggap tak punya cukup karisma untuk didengar pada pemain bintang, Lionel Messi cs.

Ada pendapat lain adalah bahwa kesalahan Ernesto Valverde adalah memainkan Lionel Messi dan Antoine Griezmann dalam satu kesempatan bersama. Sebab, dua pemain ini disebut punya tipe sama, kemauan dan kemampuan untuk menjadi pengatur permainan.

Penampilan terbaik Antoine Griezmann musim ini di Barcelona, yaitu ketika menang 5-2 melawan Real Betis. Ia mencetak dua gol dan satu umpan akurat. Hal itu terjadi ketika Lionel Messi sedang cedera.